Mungkin temen-temen masih pada inget, kira-kira dua bulan yang lalu,
sempat ada penolakan beberapa antivirus terhadap salah satu link yang ada
di blog ini.
Udah ada beberapa temen yang mengingatkan, tapi mereka terkesan lari
dan cueks bebeks. Saat aku tanya file mana yang ditolak, tidak pernah ada
yang menjawab.
Sampai akhirnya kang Firdaus ngasih tau file yang dimaksud.

Setelah aku selidiki, ternyata script file itu terletak di bagian
<head>, terselip diantara kode meta.

Saat aku mengunjungi sumber file itu, aku sempet membaca bahwa script
itu dibuat untuk mengobok-obok chace dan active x pada komputer kita.
Kurang asem emang itu orang yang membuat script. Untung aja segera
ketahuan, sehingga aku bisa segera menghapusnya.

Udah lumayan lama ketenangan pada blog ini tercipta, tiba-tiba aja,
tanggal 20 September 2008 kemarin, om google ngirim email ke aku yang isinya memberitahukan bahwa ada malware yang ikut membonceng pada blog ini.

Untuk mengatasi malware ke dua ini, aku ngrasa lebih mudah karena
dibantu oleh mas google dan jajaranya.

Akhirnya, tanggal 21, blog sempet tidak bisa diakses karena aku
menunggu review dari kru nya mas google dan begitu dinyatakan sudah bersih,
tanggal 22 langsung aku buka untuk umum lagi.

Kurang asem banget ya itu orang yang bikin script. Kalau aja dia di
deket aku, pasti aku kasih pelajaran. Pelajaran matematika, fisika dan
kimia, pokoknya pelajaran yang baik-baik dah...
Tapi dibalik itu, aku jadi bertanya-tanya, bagaimana script itu bisa
masuk ke template?
Dimasukkan secara manual? Enggak banget dah....
Sampai saat ini, aku belum tau jawaban yang pasti, soalnya komputer
yang aku pakai juga berantivirus dan malware yang selalu diupdate secara berkala.

Dari pada puyeng mikirin cara malware masuk blog, mending membagi info
aja, agar jangan sampai malware ikut dalam blog kesayangan.
  1. Selalu pakai antivirus dan malware yang diupdate secara berkala.
  2. Bila memakai template gratisan yang didapat dari dunia maya,
    partikan tidak mengandung link atau script terlarang. Bila ada bagian yang di
    encode, decoding lah dulu.
  3. Jangan asal memasukkan java script maupun link yang kamu terima.
    Pastikan java script maupun link itu tidak mengarah pada "sesuau yang
    terlarang".
  4. Periksa template kamu, malware yang merasuk lewat template, biasanya
    berupa java script dan berada pada bagian <head>. Biasanya
    nyelip di bagian meta.
    Kalau menemukan script yang mencurigakan, apalagi tidak pernah merasa
    memasang, lansung hapus saja.
  5. Kalau ragu-ragu terhadap hasil pemeriksaan sendiri, mintalah google
    untuk memeriksanya. Google dan perangkatnya udah bekerja sama dengan
    anti malware yang cukup handal.
  6. Milikilah email dengan nama berikut, abuse@nama.blog, admin@nama.blog, administrator@nama.blog, contact@nama.blog, info@nama.blog, postmaster@nama.blog, support@nama.blog, webmaster@nama.blog.
    Karena kepada email-email itulah google akan memberikan informasi bila ada yang bermasalah terhadap blog kita.
    Untuk membyatnya sewndiri temen-temen bisa liat di sini atau sini.

Itulah sedikit tips cara menghindari dan memberantas malware yang
mencoba bersemayam dalam blog kita. Kalau temen-temen ada tips lain, sharing
ya......

Menurut kamu berguna gak? Kalau ya, langganan aja via E-Mail. Klik disiniAdd to Technorati Favorites

Mungkin Kamu Mau Baca Ini:

7 yang bercuap

Anonymous said...

waduh bahaya banget tuh script. kayaknya mulai sekarang harus hati2 nih k'lo mau masukin kode HTML ke template

Anonymous said...

selama ini si blom pernah kejadian kaya gitu ( dan jangan sampe deh). kyana si bkan cuma dari kompi yang kita pake, coz kyanya o-om jg pernah serangan kaya gitu, tapi di-shoutbox-nya

Anonymous said...

hati - hati lhah kepada script sialan :))

Anonymous said...

kurang kerjaan banget sih tuh orang.emang yg buat template sp om?sikattttttttttttttttttttttttt heheheh :D

Anonymous said...

@ipanks, template kemarin buatan kang rohman, tapi dari segi template sie aslinya aman.....

Anonymous said...

Bos, gimana caranya masang adsense di situs berbahasa Indonesia???

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =)) :.(( B-) 0:: :v) OK* 0[] 0"* :b: v0^ 2;7 *

Post a Comment

Silakan tulis komentarkamu di sini. Mohon gak ada spam ya, karena kalau ketemu spam pasti aku hapus.
Untuk menghindari adanya broken link, sertakan pula http:// nya saat menulis alamat blog kamu.

Untuk memakai emoticon seperti diatas, cukup copy paste code yang ada disamping emoticon yang mau dipakai.