Pernahkah kita berpikir, untuk apa sebenernya kita ngeblog? Berbagai tujuan orang membuat blog. Sebagai catar online, sarana edukasi, nyari duit dan berbagai hal yang lain. Tapi apapun tujuannya, sebagian besar dari kita -kalau tidak bisa dibilang semua- membuat blognya untuk bisa dinikmati oleh orang lain pula. Tapi masih banyak dari kita yang membuat blog hanya sekedar menambah tulisan dan memasang berbagai aksesoris pada blognya, tanpa memperdulikan pengunjung.
Memang, bagi orang-orang seperti aku ini, untuk mendatangkan pengunjung, apalagi pengunjung setia, pasti akan sulit. Tapi tidak ada salahnya bukan, kalau kita mencoba menjadi terkenal lewat blog?

Belajar blogging kali ini, aku pengen mencoba untuk terkenal dari blog.
Hal-hal yang mungkin bisa menarik pembaca untuk terus menyambangi blog kita, diantaranya mungkin adalah hal-hal berikut ini.



1. Pakai template yang unik
Sebisa mungkin pakailah template yang lain dari pada yang lain. Dalam hal ini, kamu gak perlu menguasai pemrograman CSS untuk membuat template yang unik. Kamu bisa mengubah background, atau juga menambah atau mengganti widget standar dari template yang ada. Seperti blog ini, misalnya, memakai template magazine buatan Kang Rohman. Tapi kalo kamu liat sudah beda kan dengan yang aslinya?
Dengan memakai template yang berbeda dari yang lain, itu tidak akan membuat pengunjung bosan pada blog kita pada pandangan pertama.

2. Perkecil ukuran
Banyak orang yang bilang, semakin besar ukuran semakin mantap pula rasanya. Ini tidak berlaku bila ingin menjadi blogger yang baik. Semakin besar ukuran, semakin lambat pula loadingnya. Sementara, seperti yang kita ketahui bersama, jalannya koneksi internet kita, rata-rata seperti keong yang berlari. Aliasnya termasuk lelet. Apa pengunjung kita mau membaca artikel yang kita tulis, bila untuk membukanya saja perlu waktu setengah jam?

3. Singkat, padat dan jelas
Sebisa mungkin, jangan pernah menuliskan suatu artikel yang bertele-tele. Itu hanya akan membuat pengunjung bosen untuk membaca. Tulis secara jelas artikel itu ingin membicarakan mengenai apa. Kalimat-kalimat pembuka dan penutup memang diperlukan, agar artikel kita tidak kaku. Tapi kalau terlalu panjang, itu akan mengaburkan tujuan utama kita.

4. Format tulisan
Perhatikan format tulisan dalam tiap artikel yang kamu tulis. MuNgKIn fOrmAT PeNuLHsan InI KAmu aNgGAp gAul. TaPi CoBa bAcA tUlSaN iNi BeBerApa KaLi. APa YanG kAmU RAsAkAN?
Pusing. Itulah yang terjadi, sehingga para pengunjung kapok untuk datang lagi.

5. Fresh artikel
Postinglah sebuar artikel yang baru. Dalam hal ini bukanlah sebuah artikel yang sama sekali belum pernah diterbitkan. Boleh saja kamu menyadur sebuah artikel dari blog lain, tapi gantilah dengan kata-kata sendiri. Kalau kamu hanya main kopas, orang akan eneg membacanya."Masa, di blog A aku baca artikel ini, di blog B ini aku kok juga disuguhi artikel yang sama?"
Itulah yang muncul dibenak mereka.

6. Pakai gambar
Sebelum membaca apa yang kita tulis, biasanya mata pengunjung akan lebih tertuju pada gambar yang menyertai artikel kita. So, jangan ragu untuk menempatkan gambar pada postingan kita. Tapi ingat untuk selalu memperkecil ukuran gambar sebelum memasangnya dalam postingan. Satu gambar untuk setiap postingan artikel sudah cukup untuk mempercantik postingan.

7. Selalu update
Lakukan penambahan postingan artikel pada blog kamu setidaknya seminggu dua kali. Ini untuk membuat pengunjung agar tidak bosen melihat artikel yang itu-itu saja dan juga untuk menimbulkan rasa penasaran mereka. Selain blog yang masih berat, ini adalah satu kelemahan blog ini diantara kelemahan-kelemahan yang lain.

8. Interaksi dua arah
Blogger maupun wordpress menyediakan kotak komentar dalam tiap postingan artikelnya. Seperti yang aku singgung saat mencoba menulis cara membuat kotak komentar sehalaman posting, jika ada seorang yang meninggalkan komentar pada artikel yang kita tulis, sesegera mungkin untuk menanggapinya. Apakah itu pertanyaan, pujian, teguran maupun kritikan. Jangan sekali-kali menghapus teguran atau kritikan yang dilontarkan pada postingan kita. Tapi jadikanlah itu bahan instropeksi diri agar kedepannya makin baik.
Ini bukan berarti kita tidak boleh menghapus sebuah komentar. Bila komentar tidak sesuai topik artikel yang diposting, apalagi mengandung unsur SARA, pornografi dan profokasi untuk tindak kejahatan, segera hapus saja.

9. Profil penulis
Mungkin hal ini sepele, tapi seorang tuan rumah yang baik akan memperkenalkan diri kepada tamunya. Tidak perlu menulis banyak hal di sana, cukup nama, lokasi dan tujuan kita berblogging ria. Hindari menulis sesuatu yang terlalu memuji diri sendiri. Juga pasang foto kamu yang paling menarik.

10. Seperlunya saja
Periksa lagi widget apa saja yang terpasang di blog kamu. Belum tentu semuanya berguna bukan? Pastikan hanya yang berguna dan penting saja yang terpasang dan optimalkan penggunaannya. Terlalu banyak widget, apalagi memakai java script pihak ke tiga hanya akan memberatkan blog kita.

11. Pasang kata kunci
Kata kunci ini digunakan untuk mesin pencari agar bila ada orang yang mencari kata kunci tersebut, oleh mesin pencari diarahkan ke blog kita. Pastikan menggunakan ejaan yang benar, karena mesin pencari amat perhatian pada hal tersebut. Cobalah menggunakan meta tag atau mengupload robot text.

12. Daftarkan ke mesin pencari
Jangan menunggu mesin pencari berbaik hati menelusuri blog kita. Sudah saatnya kita yang harus aktif mendaftarkannya. Mintalah Google dan Yahoo untuk mengindeksnya. Minta juga bantuan pihak ke tiga bila perlu.

13. Silaturahmi
Lakukan kunjungan ke blog-blog yang lain. Terutama yang sudah memiliki PR yang bagus. Tinggalkanlah komentar pada artikel yang ditulisnya juga pada shout box yang dimiliki. Ajak pula untuk saling tuker link.
Dengan begitu, setidaknya kamu sudah menarik satu orang pengunjung untuk menengok blog kamu, yaitu sang pemilik blog yang kamu kunjungi. Tidak menutup kemungkinan pengunjung yang lain juga akan ikut bertandang.

Itu adalah sedikit cara yang mungkin dapat membuat kita terkenal dijagad per-blogging-an.

Selamat mencoba....

Mungkin Kamu Mau Baca Ini:

13 yang bercuap

Madong Arizona said...

wah banyak bangetzz yach yang perlu diketahui,.

yang aku tahu sih simple aja.

'posting yang bagus dan fresh' ditambah dibutuhkan banyak orang.

itu aja.

Anonymous said...

memang blogger membuat banyak orang jadi terkenal:)

Sukses terus buat semua Blogger:D

Anonymous said...

@madong, yup.., itu adalah ilmu yang aku peroleh setelah melakukan "lawatan" blog, baik dalam maupun luar negeri
@asnur, tetep semangat aja...

Ngatini said...

makasih tips nya ya om...kalo aku kira2 udah kondang belum ya....hmmmmm...

Anonymous said...

@ngatini, mmmmmm... :-/ gimana ya?

cahpesisiran said...

tips nya berguna banget nie. boleh juga dicoba, siapa tau bisa jadi artis gara2 ngeblog.. hehehe

Anonymous said...

Siiip dech tipsnya... kita bisa ngejalaninnya pelan2 dan step by step, selain agak susah jika semuanya langsung dijalani, internet negara Indonesia emang lelet, tapi ga kaya keong lari soale keong ga bisa lari orang ga punya kaki...:p

Anonymous said...

@pesisir-kidul, yuk kita coba bareng bareng
@Tips Blogging, emank bener sie.., :.(( Indonesia...., kapan kau memberi keong sepasang kaki.... :.((

Anonymous said...

saya pengen tenar juga nih bisa nda yah....

Anonymous said...

Emang sih kalau di blogg ku ada yang komen gakk pernah di bales di situnya. Tapi nanti saya rubah deh

Anonymous said...

Ma ksh ni gw dpet nambah ilmu ttg blog, soal nya gw ni msh awam ttg blog. http://www.muhammadsofyan.blogspot.com

Anonymous said...

wah bagus nih artikelnya mas

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =)) :.(( B-) 0:: :v) OK* 0[] 0"* :b: v0^ 2;7 *

Post a Comment

Silakan tulis komentarkamu di sini. Mohon gak ada spam ya, karena kalau ketemu spam pasti aku hapus.
Untuk menghindari adanya broken link, sertakan pula http:// nya saat menulis alamat blog kamu.

Untuk memakai emoticon seperti diatas, cukup copy paste code yang ada disamping emoticon yang mau dipakai.